Kamis, 01 Maret 2012

APLIKASI RAWAT JALAN

Rumah Sakit (RS) sebagai penyedia layanan kesehatan memiliki berbagai “Strategic Business Unit (SBU)” yang saling terkait, seperti Apotek, Instalasi Rawat Inap(IRNA),Instalasi Rawat jalan (IRJA), Laboratorium, dan lain sebagainya. SBU Rawat Jalan merupakan unit penting di RS, karena selain frekuensi pelayanannya yang tinggi, juga hampir semua layanan dari SBU-SBU lain berawal dari unit ini. Berdasarkan karakteristik tersebut, pertukaran data antar unit di RS menjadi prioritas utama yang harus dicari solusinya, seperti: konsistensi, integrasi dan akses data. Oleh karena itu perlu rancangan dan aplikasi rawat jalan yang dapat terpadu dengan aplikasi-aplikasi di rumah sakit. Pengembangan aplikasi ini dimulai dengan mengumpulkan data, menganalisa kebutuhan, mendesain sistem, implementasi desain dan uji coba aplikasi. Uji coba aplikasi dilakukan untuk menguji apakah fungsi yang diimplementasikan telah memenuhi seluruh kebutuhan pengguna dan apakah integrasi antar modul dalam Sistem Informasi Rumah Sakit Terpadu(SIRST) sudah berjalan. Hasilnya berupa aplikasi rawat jalan yang memiliki fungsi pembuatan usulan obat, penambahan status medis, pembuatan resep, pengajuan retur dan permintaan ke pengadaan, pengajuan mutasi ke apotek serta pembuatan laporan. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan modul kasir, pengadaan, layanan konsumen, IRNA dan apotek.


OK langsung saja kita buat aplikasi nya..
Sebelum kita membuat aplikasi ini, kita membutuhkan beberapa software yg mendukung untuk membuat program ini, software pendukung sebagai berikut :
1. Visual Studio 
1. Pertama kita buat Project baru dengan cara File > New Project atau kita bisa dengan menekan tombol CTRL+N pada keyboard
seperti gambar di bawah ini.


2. setelah kita melakukan langkah di atas maka akan muncul form seperti gambar di bawah ini.
3. Selanjutnya setelah kita membuat Project baru seperti langkah di atas, sekarang kita tinggal membuat form dan mendesain nya sesuai yg kita inginkan, kita mulai dengan membuat form baru, pada solution explorer kita klik kana pilih Add > Windows Form, lihat gambar di bawah ini, 


4. Selanjutnya desain form tersebut untuk membuat halaman untama atau Home dari aplikasi kita dengan toolbox yang sudah disediakan oleh visual studio ada di sebelah kiri, desain form seperti gambar di bawah ini.
5. Setelah kita membuat form utama atau home, selanjutnya kita bwt beberapa form selanjutnya seperti :
 - form dokter
- form pasien
- form obat
- form resep
- form poliklinik
- form pembayaran
- form pendaftaran
- form laporan


Jika berminat kirimkan email anda ke alamat email "fuadifahrian@gmail.com".








0 komentar:

Posting Komentar